31 Juli 2010

Karnaval Menyambut HUT RI dilaksanakan Bulan Juli, Hah Bener Atau Tidak Ya ??


Dolopo, Madiun, Jawa Timur  Anda tahu karnaval ? Saya yakin Anda sudah mengetahui karnaval. Atau bahkan pernah mengikutinya waktu Anda duduk di bangku SD, SMP atau SMA, dengan dandanan serba unik, tradisional, dan meriah. Mungkin itulah momen yang paling mengesankan dalam hidup Anda. Karnaval di Indonesia dan pada umumnya dilaksanakan guna menyambut acara – acara besar berskala lokal, nasional, atau bahkan internasional, sebagai contoh untuk skala nasional adalah perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Pada momen HUT RI tersebut tiap – tiap daerah biasanya mengadakan karnaval yang pesertanya berasal dari siswa, siswi, dan mahasiswa. Dalam hal ini tiap – tiap sekolah akan menampilkan yang terbaik agar dilirik oleh para pengunjung. Dari dulu sampai sekarang karnaval memang masih diminati pengunjung dari yang muda sampai yang tua, seperti karnaval yang dilaksanakan oleh Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun ini yang nyatanya banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan yang berdatangan dari dalam atau luar kecamatan. Nah, seperti saya yang datang dari kecamatan sebelah untuk menyaksikan karnaval di Kecamatan Dolopo. Acara seperti ini merupakan sebuah event yang sangat ditunggu – tunggu oleh tiap – tiap sekolah sebab karnaval merupakan sebuah media yang digunakan oleh pihak sekolah sebagai media promosi serta menunjukkan eksistensinya dalam pendidikan yang ada di daerahnya.
Sekarang kita kembali membahas pokok permasalahannya yakni pelaksanaan karnaval. Pelaksanaan karnaval tahun ini memang sedikit unik yaitu dilaksanakan pada bulan Juli. Agak aneh memang ketika acara yang seharusnya dilaksanakan bulan Agustus ini dilaksanakan bulan Juli yang notabene hari kemerdekaan jatuh pada bulan Agustus. Hal ini wajar sebab sebentar lagi kita akan memasuki bulan Romadhon yang memang jatuh sebelum tanggal 17 Agustus sehingga menyebabkan Kecamatan Dolopo memustuskan untuk melaksanakan karnaval pada akhir bulan Juli pada tanggal 29 Juli 2010 lalu. Walau tidak dilaksankan pada momen yang tepat yakni pada bulan Agustus tetapi sejauh ini sangat menarik untuk dilihat. Nah, semoga Anda menikmati agenda tahunan yang satu ini dan sayang kalau dilewatkan karena hanya sekali dalam setahun acara karnaval ini diladakan. Walaupun disisi lain kita agak terganggu dengan adanya acara karnaval tersebut karena membuat jalan menjadi macet dan carut marut tidak teratur.







Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

0 komentar:

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.