10 November 2016

E-Learning (Bagian 4): Membuat Course (Mata Pelajaran) dan Memasukkan User (Pengguna)

Gambar. E-Learning

Pada bagian sebelumnya kita telah membahas mengenai pengubahan identitas dan tema pada e-learning. Pada bagian ini masih melanjutkan cara – cara dalam mengelola sebuah e-learning. Bagian ini akan membahas lebih rinci mengenai membuat course (mata pelajaran) dan memasukkan pengguna ke dalam e-learning. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebelum membuat nama course, terlebih dahulu kita akan diminta untuk membuat kategori. Kategori berfungsi untuk mengelompokkan course yang satu jenis. Kategori dapat mewujudkan jenjang sekolah, nama sekolah, mata pelajaran, atau yang lain, sesuai dengan kebutuhan dan cakupan penggunaan e-learning tersebut. Misalkan suatu e-learning digunakan pada tingkat kota/kabupaten, maka kategori dapat dibuat berdasarkan jenjang sekolah (seperti SD, SMP, dan SMA) dan nama sekolahnya. Jika e-learning tersebut digunakan hanya pada tingkat sekolah, maka kategori dapat dibuat berdasarkan kelas, mata pelajaran, atau untuk jenjang SMA dapat berdasarkan jurusan (IPA, IPS, atau Bahasa). Penentuan kategori dan course didasarkan pada kebutuhan dan cakupan penggunaan e-learning.
Pengguna dapat mengakses e-learning tersebut dengan cara log in atau masuk menggunakan akun yang telah didaftarkan dalam sistem e-learning tersebut. Oleh sebab itu, terdapat dua cara dalam mendaftarkan pengguna ke dalam e-learning  yaitu, pertama didaftarkan secara manual oleh admin dan yang kedua pengguna daftar secara mandiri kemudian disetujui oleh admin melalui sistem e-learning. Sebuah sistem dalam e-learning juga memerlukan beberapa peran atau jabatan dalam pengelolaannya sebagainya sistem pada umumnya. Peran (role) atau jabatan pengguna dalam e-learning dapat meliputi administrator, manager/course creator, teacher, non-editing teacher, dan student. Peran (role) pengguna dalam e-learning dapat diatur atau ditentukan sehingga dapat menjalankan masing - masing fungsinya secara teratur. Secara lebih rinci berikut langkah – langkah dalam membuat kategori dan course serta memasukkan user dalam e-learning.
Membuat Kategori
Kategori berfungsi untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan beberapa course (mata pelajaran atau mata kuliah). Pembuatan kategori atau sub-kategori bergantung pada kebutuhan. Nama kategori dapat berupa nama Universitas, Fakultas, Jurusan, Program Studi, dan sebagainya. Kategori standar pada moodle bernama Miscellaneous. Langkah – langkah dalam membuat kategori ialah sebagai berikut.
1.       Klik Site Administration > Courses > Manage courses and categories.
       

2.    Maka akan muncul “Course and category management”. Untuk membuat kategori baru klik “New Categories”. Kemudian tulis kategori yang diinginkan pada form “Category name”, tulis juga deskripsi dari kategori tersebut. Khusus untuk “Parent Category”, perlu sedikit perhatian. Jika kategori yang dibuat untuk kategori paling atas maka pilih “Top”. Namun jika kategori yang dibuat tersebut akan diindukkan pada kategori tertentu yang telah dibuat, maka pilih nama kategori yang akan dijadikan induk. Pada contoh kali ini akan dibuat kategori “Geografi” sebagai kategori paling atas, sehingga parent category dipilih “Top”. Setelah selesai diisi, selanjutnya klik “Create Category”.


3.      Untuk membuat course (mata pelajaran atau mata kuliah) pada kategori Geografi, maka klik pada kategori  Geografi yang telah dibuat.



4.     Pastikan panel course sebelah kanan (pada bagian tulisan "Geografi" warna merah) menunjukkan nama kategori yang ingin ditambah course-nya. Selanjutnya klik “Create New Courses”.

5.  Kemudian isi identitas course (mata pelajaran atau kuliah) sesuai dengan form yang telah disediakan.

Isilah identitas course dengan detail/rinci. Berikut ini hal – hal yang perlu diisi dalam identitas course :
-          Course full name = Isi nama course panjang.
-          Course short name = Isi nama course pendek.
-          Course category = Pilih kategori induk course.
-          Visible = Pilih “Show”.
-          Course short date = Pilih tanggal course dimulai.
-          Course summary = Masukkan penjelasan dari course tersebut.
-   Course format = Pilih format course, default-nya ialah “weekly format” atau berformat mingguan.
-          Number of section = Masukkan jumlah pertemuan.
-          Maximum upload size = Tentukan maksimal ukuran upload file.
-         Allow guest access = Pilih dan tentukan apakah pengguna tanpa akun (tamu) bisa mengakses ataukah tidak. Jika tidak diizinkan pilih “No”, apabili diizinkan pilih “Yes”.
-     Password = Apabila anda mengizinkan Tamu untuk mengakses e-learning, maka tentukan apakah tamu boleh masuk tanpa password atau dengan password. Jika tamu boleh masuk dengan password, maka isilah password yang diinginkan.
-      Group mode = Pilih “Separate groups” agar course dapat diakses secara terpisah tiap grup, sehingga grup atau kelas lain tidak dapat melihat aktivitas grup atau kelas yang lain.

6.       Setelah semua identitas lengkap, selanjutnya klik “Save and Return” atau “Save and Display”.


7.       Tampilan course yang telah dibuat ialah seperti berikut ini.

Membuat User
User dalam hal ini berarti person/ orang yang dapat mengakses portal yang kita miliki. Terdapat beberapa tingkatan user dalam moodle, seperti Admin utama, manager, guru, dan siswa/ peserta didik.
1.     Untuk membuat user baru satu per satu, silahkan pilih Site Administration > Users > Accounts > Add a new user.

2.   Kemudian isi beberapa identitas user mulai dari username, password, dan e-mail. Yang perlu diperhatikan ialah dalam membuat password. Untuk moodle versi 2, persyaratan membuat password agar diterima dalam sistem ialah :
-          Terdiri dari 8 digit.
-          Minimal terdapat satu huruf besar.
-          Minimal terdapat satu huruf kecil.
-          Minimal terdapat satu angka.
-          Minimal terdapat satu tanda baca (misal : titik (.), garis bawah (_), strip (-), dsb).

3.      Sedangkan untuk membuat user secara massal atau dengan jumlah yang besar sekaligus. Caranya ialah pilih Site Administration > Users > Accounts > Upload user.

4.     Siapkan terlebih dahulu file excel dengan format seperti berikut ini. Urutannya ialah firstname, lastname, password, username, email. Perhatian !! Dalam membuat password harus mengikuti persyaratan dari sistem moodle, sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya diatas.
  
5.       Kemudian simpan dengan format CSV (Comma Delimited) (*csv).

6.    Kembali ke halaman upload user pada e-learning. Upload file berformat *.csv tersebut di form file, bisa didrag and drop atau dimasukkan secara manual, sehingga akan tampil seperti berikut ini. Form CSV delimiter pilih tanda koma (,) sesuai dengan yang digunakan pada file excel tadi. Pada form Encoding, pilih UTF-8. Sedangkan pada preview rows pilih sesuai jumlah user yang akan ada file excel. Pada contoh ini, data user yang akan dimasukkan sejumlah 4 (empat), maka preview rows dipilih 10. Kemudian pilih “Upload users”.

Catatan :
Jika terjadi eror dalam proses pengunggahan data user, maka terlebih dahulu cek format koma (delimiter) pada file CSV yang ada buat. Caranya klik kanan pada file, kemudian klik Open with > Notepad. Maka akan muncul seperti berikut.

Pada kasus eror dalam contoh ini ialah delimiter atau format koma yang digunakan pada excel ialah titik koma (;) sehingga perlu diatur kembali CSV delimiter pada moodle. Pada halaman upload user, pilih CSV delimiter berupa titik koma (;). Kurang lebih tampilannya akan seperti berikut ini.
    

7.    Jika berhasil maka akan muncul tampilan preview user yang akan diupload seperti berikut ini. Selanjutnya klik “Upload users”.

8.       Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini. Selanjutnya klik “Continue”.

9.   Anda dapat memeriksa akun user yang sudah masuk dalam database dengan cara pilih Site Administration > Users > Accounts > Browse list of users.


Membuat status user
Status user berguna untuk mendefinisikan peran seorang user dalam sistem suatu e-learning. Status user meliputi Administrator, Manager/ Course creator, Teacher, Non-editing teacher, dan Student. Pada moodle versi 2 terdapat dua tempat berbeda untuk mengatur peran user – user tersebut. Oleh sebab itu, dibagi dua kelompok agar mudah dalam mengelolanya.
Kelompok pertama : Administrator dan Manager/ Course creator.
Kelompok kedua : Manager, Teacher, Non-editing teacher, dan Student.

Pengaturan status user kelompok pertama ialah sebagai berikut :
1.   Untuk lebih memudahkan bagi yang pertama kali menggunakan moodle, silahkan kembali ke home atau halaman depan dari portal e-learning yang telah dibuat. Lalu pilih Site Administration > Users > Permissions > Assign System Roles.

2.    Kemudian muncul halaman Assign roles in system. Silahkan klik peran (role) yang ingin diatur. Pada contoh kali ini, penulis ingin mengatur siapa saja yang akan menjadi manager, maka selanjutnya klik “manager”.


3.   Setelah itu muncul halaman berikut. Selanjutnya pilih user yang sudah didaftarkan tadi (bisa diseleksi/dimasukkan lebih dari satu). Setelah dipilih maka tekan “Add”, dan selesai.


4.       Khusus untuk administrator, silahkan pilih Site Administration > Users > Permissions > Site administrators. Proses pengaturannya sama seperti diatas.

Pengaturan status user kelompok kedua ialah sebagai berikut :
1.      Silahkan kembali ke halaman utama (home). Setelah itu pada panel navigation, pilih Site Pages > Participans. Kemudian pada pane administration, pilih Front page settings > Users > Permissions > Assigned roles.

  
2.       Halaman yang akan tampil ialah sebagai berikut.


3.  Langkah pengaturan peran (role) pada kelompok yang kedua, secara teknis sama dengan kelompok pertama.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel atau tutorial mengenai pembuatan dan pengelolaan e-learning. Pada artikel selanjutnya akan dibahas lebih dalam mengenai e-learning. Demikian artikel atau tutorial kali ini, sampai bertemu di tulisan kami berikutnya.

Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

0 komentar:

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.