14 November 2016

E-Learning (Bagian 5): Mengatur Course dan Enrol User

Gambar. E-Learning

    Tahap sebelumnya kita membahas mengenai pembuatan user (pengguna) dan course (mata pelajaran). Pada kesempatan kali kita membahas lebih rinci mengenai bagaimana mengatur course dan Enrol User ke dalam course tersebut. 


Membangun Setting Course
      Setelah terdaftar sebagai pengguna, seseorang dapat diangkat statusnya menjadi "Teacher" oleh admin. Seorang “Teacher” dapat mengatur course yang telah dibuatkan untuknya sesuai dengan keinginan. Langkah – langkah dalam mengatur course ialah sebagai berikut:
1.    Pada bagian halaman depan terdapat “available course”, maka pilihlah “Add a new courses”.

2.   Setelah itu akan muncul beberapa form dan pengaturan yang harus disesuaikan. Hal – hal yang perlu diubah diantaranya ialah sebagai berikut.
General
Pada bagian ini beberapa hal yang harus diperhatikan ialah nama course, kategori course, dan tanggal course dimulai. Nama panjang course (Course full name) hendaknya sesuai dengan materi atau mata pelajaran yang akan disampaikan, sedangkan nama pendek course dapat berupa kode atau singkatan dari course tersebut. Kategori course hendaknya disesuaikan dengan pengelompokan course tersebut. Tanggal course dapat ditentukan berdasarkan waktu pembelajaran akan dimulai.

Description
Description merupakan merupakan bagian deskripsi mata pelajaran. Deskripsi course berisi tentang penjelasan singkat mengenai course yang akan disajikan. Deskripsi tersebut akan muncul pada halaman course berupa keterangan di bawah nama course tersebut.

Courses format dan Appearance
Bagian ini berisi format course dan tampilan pada halaman course. Format course secara umum dapat dipilih “weekly” atau mingguan. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah pertemuan yang diinginkan. Jika pertemuan tiap mata pelajaran ialah setiap seminggu sekali, sehingga untuk format course dapat dipilih format “weekly”. Sedangkan untuk bagian apperance atau tampilan, secara umum tidak perlu diubah.

File and Upload dan Guest Access
E-learning pada umumnya menyediakan seluruh fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar, salah satunya ialah pengumpulan tugas. Fasilitas dalam e-learning tersebut memungkinkan peserta didik untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk file digital, kemudian guru dapat membaca untuk dikoreksi atau dinilai. Namun, fasilitas tersebut juga akan berdampak pada kapasitas ruang penyimpanan yang digunakan pada e-learning. File and Upload adalah pengaturan untuk membatasi besar ukuran file yang akan diunggah pada e-learning, sehingga besaran file yang dapat tersimpan dalam ruang penyimpanan dapat dikontrol dan tidak membebani e-learning pada suatu saat nanti.
Guest access merupakan salah satu pengaturan untuk mengontrol pengunjung yang tidak memiliki akun pada e-learning. Jika Anda memutuskan untuk memprivasi course hanya untuk pengguna yang telah tedaftar, maka sebaiknya “Guest Access” dipilih “No”. Namun, jika Anda memutuskan untuk membuka course tersebut juga untuk pengguna yang belum terdaftar, maka pada bagian “Guest Access” pilihlah “Yes”. Jika Anda memutuskan untuk mengizinkan pengguna tamu (tidak terdaftar) untuk mengakses halaman course, maka Anda dapat memilih untuk memberikan password ataukah tidak.

3.       Setelah selesai mengubah berbagai setting yang anda perlukan, klik-lah tombol "Save and Return" pada bagian bawah layar. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Memasukan Materi Pelajaran
Sebuah course yang baru saja dibuat tentu saja masih kosong, sehingga perlu diedit atau ditambahkan berbagai aspek di dalamnya. Sebuah halaman course memiliki dua komponen besar, yakni kolom deskripsi utama (bagian paling atas) dan kolom pertemuan. Komponen deskripsi utama setidaknya perlu mencakup hal – hal berikut ini.
1.       Judul atau nama materi atau mata pelajaran.
2.       Nama pendidik atau pengampu mata pelajaran.
3.       Deskripsi singkat mengenai materi.
4.       Tujuan pembelajaran
5.       Profil singkat disertai foto dan kontak pendidik (opsional).

Langkah – langkah dalam memasukkan materi pelajaran ialah sebagai berikut.
1.   Untuk memulai mengedit course (memasukkan materi dan kegiatan pembelajaran), kita klik tombol "Turn editing on". Bila tombol tersebut sudah berupa "Turn editing off" berarti halaman siap diedit. Tombol tersebut bersifat "toggle". Berikut adalah tampilan setelah di pilih tombol “Turn editing on” menjadi “Turn editing off”.

2.       Masukkan deskripsi utama dengan cara memilih menu “Edit” yang paling atas, kemudian pilih “Edit Section”. Anda akan dibawa ke sebuah halaman dan diminta untuk mengisi deskripsi.

3.  Untuk memasukkan materi pembelajaran pada minggu tertentu (bila menggunakan format mingguan), kita menggunakan menu "Add an activity and resource..." pada minggu tersebut. Bila menu "Add an an activity and resource..." diklik, maka akan muncul tampilan berikut.

4.       Pilih salah satu aktifitas lalu pilih “Add”. Setelah itu Anda akan masuk pada halaman pengeditan aktifitas yang dipilih tersebut, seperti nama aktivitas, deskripsi, dan pengaturan yang lainnya. Sajikan secara rinci dan sertakan petunjuk belajarnya agar pengguna memahami apa yang perlu dilakukan. Hasilnya penambahan aktivitas tersebut ialah seperti berikut ini.

Materi dalam tiap course sudah sepatutnya disajikan dengan baik dan rapi, sehingga secara pengguna nyaman ketika berinteraksi menggunakan e-learning. Beberapa contoh sederhana dari penyajian halaman course ditunjukkan pada gambar – gambar berikut ini.


Mendaftarkan Pengguna Ke Dalam Course
Pengguna yang sudah terdaftar dalam e-learning tidak secara otomatis dapat mengakses seluruh course atau materi pelajaran yang disediakan. Pengguna juga perlu didaftarkan ke dalam course tersebut, sehingga dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalamnya. Fasilitas ini disebut dengan “Enrol”. Fasilitas ini tentu sangat terasa manfaatnya apabila e-learning tersebut digunakan oleh berbagai jenjang, jurusan, atau kebutuhan yang berbeda sehingga fasiltas tersebut dapat memilah dan mengorganisasi dengan mudah siapakah yang berhak masuk dan mengikuti course yang ada pada e-learning. Metode yang digunakan untuk Enrol ke dalam course bermacam – macam, diantaranya ialah:
1.       Manual enrolments
Manual enrolments dapat digunakan untuk mendaftarkan dalam jumlah terbatas, misalnya guru atau manager. Proses pendaftaran secara manual tentu akan memakan waktu yang cukup lama jika akun yang didaftarkan terlalu banyak.
2.       Guest access
Proses pendaftaran ini ditujukan untuk para pengguna yang belum terdaftar sebagai akun dalam e-learning tersebut. Metode Enrol tipe ini jarang digunakan.
3.       Self enrolments (students)
Self enrolments ditujukan untuk proses pendaftaran untuk masuk ke dalam course secara mandiri yang dapat dilakukan oleh pengguna (peserta didik). Proses Enrol pada metode ini ialah peserta didik cukup diberitahukan kode Enrol yang telah dibuat kemudian dimasukkan secara mandiri.

Langkah untuk pendaftaran secara manual ialah sebagai berikut:
1.  Pastikan Anda masuk ke dalam halaman course yang diinginkan. Kemudian pada kolom administration pilih Users > Enrolled Users.

2.    Setelah itu akan muncul halaman yang berisi daftar pengguna yang sudah Enrol dalam course tersebut. Jika kosong, maka hal itu berarti belum ada pengguna yang terdaftar. Untuk melakukan Enrol secara manual silahkan klik “Enrol Users”, maka akan muncul seperti berikut ini.

3.    Pastikan Anda sudah menentukan Assign Roles atau jabatan pengguna dalam course tersebut. Jika sudah maka selanjutnya klik tombol “Enrol” yang ada di samping akun pengguna yang telah terdaftar tersebut. Kemudian terakhir tekan “Finish Enrolling Users”.


Langkah untuk pendaftaran secara mandiri (bagi peserta didik/student) ialah sebagai berikut:
1.  Pastikan Anda masuk ke dalam halaman course yang diinginkan. Kemudian pada kolom administration pilih Users > Enrolment Methods. Maka akan masuk ke halaman berikut.

Klik logo/ikon mata pada “Self Enrolment (Student)” untuk membuat fitur tersebut aktif atau enable. Jika pada halaman tersebut tidak muncul “Self Enrolment (Student)”, maka dapat dimunculkan melalui “Add method” yang berada dibawahnya, tekan “Choose..” kemudian pilih “Self enrolment”.

2.   Klik pada logo atau ikon gerigi (setting) untuk mengatur metode Enrol-nya, sehingga akan muncul halaman berikut ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah “Enrolment key”. Silahkan atur kode Enrol yang diinginkan. Kemudian tekan tombol “Save Changes”. Ingat kode Enrol yang telah Anda buat agar nantinya dapat diberitahukan kepada para peserta didik/student.  

3.      Peserta didik yang memiliki kode Enrol tersebut harus membuka halaman course, kemudian pada kolom “Administration” klik “Enrol me in this course”. Setelah itu masukkan kode Enrol tersebut agar peserta didik tersebut dapat mengikuti pembelajaran pada course tersebut secara penuh.


Demikian pembahasan dan tutorial e-learning bagian ke-5 ini. Pembahasan pada tulisan ini tentu masih jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu diskusi dan pertanyaan selalu kami buka untuk siapapun agar tercipta konstruksi pengetahuan yang jelas dan valid. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca, kita bertemu di tulisan - tulisan kami berikutnya.


Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

5 komentar:

  1. Bagus tutorialnya. Makasih sob!

    BalasHapus
  2. admin, gimana cara nya mengenrollkan mata kuliah? jadi hanya buat 1 x mata kuliah trus bisa di enroll kan ke kelas lain

    BalasHapus
  3. Enrol peserta ke mata kuliah ya maksudnya? Caranya enrol ada di bagian terakhir dari artikel. Yang terpenting ialah akun peserta sudah terdaftarkan dalam mata kuliahnya, kemudian baru mereka (peserta) bisa enrol ke mata kuliah tsb.

    BalasHapus
  4. Awalnya sedikit bingung untuk enrol user. Trim buat pencerahannya. Jempol!!

    BalasHapus
  5. Sore mas, kenapa ya enrolkey yg telat dibuat tidak bisa diaksea oleh mahasiswa? Apakah ada yg salah? Terimakasih

    BalasHapus

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.