17 November 2016

E-Learning (Bagian 6): Aktivitas dalam Moodle #1

Gambar. E-Learning


Course dalam e-learning pada dasarnya memiliki resources dan activity. Pengertian resources merujuk kepada sumber – sumber belajar yang digunakan sebagai bahan atau materi pembelajaran. Sumber belajar bersifat statis yang artinya tidak ada interaksi didalamnya sehingga hanya sekedar berbagai konten materi yang dilihat atau didengar secara searah. Contoh dari resources ialah halaman teks, halaman web, link ke file atau situs, direktori, dan label. Activity atau aktivitas merujuk pada segala kegiatan yang dapat dilakukan dalam sebuah course di e-learning. Aktivitas tersebut mencakup berbagai kegiatan pembelajaran yang bersifat interaktif atau memerlukan interaksi langsung dari pengguna. Contoh dari activity ialah pemberian tugas, kuis, forum diskusi, dan chatting.
Suatu course idealnya memiliki kedua hal tersebut yakni resources dan activity. Dalam sebuah course selain terdapat banyak materi yang disajikan, diperlukan juga beberapa aktivitas yang mampu mewadahi pengguna untuk melakukan kegiatan belajar yang lebih dari sekedar melihat dan mendengarkan, tetapi juga melakukan sesuatu. Salah satu aktivitas yang dapat dimasukkan dalam suatu course ialah tugas dan kuis. Tugas dan kuis dapat dijadikan sebagai alat pengukuran hasil belajar peserta didik serta dimungkinkan sebagai alat evaluasi. Forum juga dapat dimasukkan dalam aktivitas dalam suatu course dengan tujuan agar pengguna atau peserta didik dapat dipacu untuk dapat melakukan proses diskusi secara lebih mudah dan terbuka. Berikut ini beberapa panduan mengenai pembuatan aktivitas dalam e-learning berbasis moodle.

Membuat dan mengelola tugas
Pemberian tugas dan pengumpulan tugas sangat dimungkinkan dalam e-learning berbasis moodle yang tentu saja bentuk file tugas berupa softcopy. Aktivitas tugas dalam e-learning berbasis moodle dapat diatur kapan pengumpulan dan terakhir pengumpulannya, serta seberapa besar file yang dapat diupload. Berikut ini cara membuat dan mengelola tugas:
1.      Pastikan masuk ke dalam course yang akan diberikan/ dimasukkan tugas di dalamnya. Caranya pada kolom Navigation, pilih Courses > “pilih kategori tempat course diletakkan” > klik pada course yang diinginkan. Pada contoh ialah dipilih course “Hidrologi” yang terletak di kategori “Geografi”.

Tampilan course yang dipilih tadi ialah seperti berikut ini. Dalam contoh ini halaman course belum terisi sama sekali. Selanjutnya akan kita isi dengan activity yang sesuai. Sebelum menambahkan aktivitas dalam e-learning, jangan lupa untuk menekan “Turn Editing On” disebelah kanan atas untuk membuat course menjadi mode edit.

2.       Setelah tombol “Turn editing on” ditekan, selanjutnya untuk membuat aktivitas baru, klik “Add an activity or resources” pada sesi atau minggu yang akan kita masukkan tugasnya.

3.    Setelah itu akan muncul kotak yang menampilkan berbagai aktivitas yang dapat dimasukkan dalam course. Namun untuk membuat tugas, maka pilih Assignment (paling atas). Selanjutnya klik “Add”.

4.         Akan muncul beberapa form yang perlu diisi untuk kelengkapan/ rincian dari tugas yang dibuat.

Kelengkapan yang perlu diisi ialah sebagai berikut :
a.      Assignment name : berisi nama tugas
b.    Description : berisi tentang deskripsi tugas, yang dapat meliputi instruksi dalam mengerjakan tugas dan informasi – informasi lain seperti waktu pengumpulan, dan sebagainya. Catatan ! Jangan lupa mencentang “Display description on course page”.
c.   Additional files : pada bagian ini kita dapat mengupload file, jika menghendaki untuk memberikan instruksi atau format tugas dalam berbentuk file.
d.   Allow submissions from : berisi tanggal dan jam penguploadan tugas dimulai, sehingga sebelum tanggal itu pengguna tidak dapat mengupload tugasnya.
e.     Due date : berisi tanggal dan jam akhir dari pengumpulan atau penguploadan tugas. Namun setelah tanggal tersebut masih diizinkan untuk mengupload, tetapi ditandai telat.
f.      Cut-off date : berisi tanggal dan jam akhir dari pengumpulan atau penguploadan tugas, dan setelah tanggal tersebut penguploadan tugas akan ditutup sehingga pengguna tidak dapat mengupload setelah tanggal tersebut.
g.     Submission types : jenis pengumpulan tugasnya, berupa Online text atau file. Ketika memilih online text, jangan lupa untuk mengatur “World limit” yang dikehendaki.
h.    Maximum number of uploaded files : berisi maksimal jumlah file yang boleh diupload.
i.       Maximum submission size : ukuran maksimal file yang boleh diupload.
j.     Students submit in groups : Jika dipilih “yes” maka semua anggota dalam grup/ kelas akan dapat melihat tugas yang diupload.
k.     Visible : pilih “show” untuk memastikan tugas tersebut dapat terlihat oleh pengguna.

5.       Setelah semua kelengkapan diisi secara lengkap, tekan “Save and Return to Course”. Untuk dapat melihat semua submission dari pengguna, klik assignment yang dibuat, kemudian klik “View/grade all submissions”. (dilingkari garis merah).



Membuat forum diskusi
Forum diskusi sangat bermanfaat untuk memberikan aktivitas diskusi aktif dan terbuka dalam pembelajaran. Seperti forum pada umumnya, pengguna dapat melakukan posting dan mengomentari postingan milik anggota atau pengguna yang lain. Berikut langkah – langkah dalam membuat forum diskusi :
1.   Pastikan masuk ke dalam course, dan halaman course harus berada pada mode edit dengan menekan “Turn editing on”. Kemudian tambah aktivitas (activity) pada sesi atau minggu yang diinginkan dengan menekan “Add an activity or resources”. Setelah muncul kotak pilihan aktivitas, selanjutnya pilih “Forum” dan klik Add.

2.       Selanjutnya ialah mengisi berbagai kelengkapan atau rincian dari forum diskusi yang akan dibuat.

Kelengkapan yang perlu diisi ialah sebagai berikut :
a.       Forum name : berisi nama forum
b.  Description : berisi tentang deskripsi forum, yang dapat meliputi instruksi dalam melaksanakan diskusi dan apa saja yang akan didiskusikan didalamanya. Catatan ! Jangan lupa mencentang “Display description on course page”.
c.       Forum type : jenis tampilan forum yang akan digunakan.
d.      Maximum attachment size : ukuran maksimal lampiran yang akan dimasukkan.
e.       Maximum number of attachments : jumlah lampiran maksimal yang boleh dimasukkan.
f.       Visible : jika dipilih “Show” maka forum akan ditampilan di course.
g.    Group mode : jika dipilih “No group” maka semua grup yang ada pada e-learning tersebut akan melihat isi percakapan di forum. Jika dipilih “Separate group” maka hanya anggota grup saja yang dapat melihat forum tersebut.
3.        Setelah semua kelengkapan diisi secara lengkap, tekan “Save and Return to Course”. Berikut ini tampilan dari forum diskusi yang dibuat. Jika ingin membuat topik baru di forum tersebut, klik forum yang telah dibuat pada halaman course, kemudia setelah masuk pada forum tekan “Add a New Discussion Topic”.



Demikian pembahasan mengenai aktivitas dalam Moodle bagian pertama. Pembahasan ini terpaksa harus dipisah dikarenakan bahasan megenai aktivitas dalam Moodle cukup panjang. Harapan kami ialah Anda semua dapat mengikuti dan memahami apa yang kami sampaikan. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan atau tutorial ini, sampai bertemu di tulisan - tulisan kami berikutnya.

Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

0 komentar:

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.