7 Desember 2016

E-Learning (Bagian 8): Membuat Quiz dan Import Soal Secara Cepat di Moodle

Gambar. E-Learning

Quiz adalah salah satu modul aktivitas dalam Moodle yang memungkinkan pengajar untuk dapat membuat soal-soal obyektif dengan mudah, menyimpan soal tersebut dalam database bank soal, menyajikan soal-soal kepada peserta didik, dan memberi penilaian secara otomatis serta umpan balik. Macam-macam soal obyektif yang bisa dibuat dalam Moodle antara lain: pilihan berganda, benar-salah, isian, essay, menjodohkan, dll. Di samping itu, pengajar dapat mengatur setting quiz misalnya kapan quiz mulai bisa diakses dan kapan berakhirnya, berapa lama waktu pengerjaan quiz, penyajian soal secara random atau urut, penyajian alternatif jawaban pilihan ganda secara random atau tidak. Pengajar bisa juga memberi password pada quiz dan menentukan berapa kali quiz bisa dikerjakan ulang serta berapa waktu selang untuk pengulangan. Bila quiz boleh dikerjakan ulang, pengajar bisa memilih metode penentuan skor akhir apakah skor tertinggi, rerata, pertama, atau terakhir.

Soal-soal quiz yang dibuat dalam Moodle selalu disimpan ke database atau bank soal. Dalam bank soal, pengajar bisa membuat kategori tertentu untuk memudahkan pengelompokan soal-soal misalnya menurut topik tententu. Bila pengajar tidak membuat kategori, maka soal-soal tersimpan dalam kategori default. Soal-soal yang tersimpan dalam bank soal bisa digunakan di minggu-minggu lain dalam sebuah course atau bahkan bisa digunakan di course lain. Pengajar juga bisa mengatur jumlah soal yang akan dikeluarkan dalan quiz secara random. Dengan adanya kategori, misalnya berdasarkan topik tertentu, maka pengajar dengan mudah dapat membuat quiz di akhir semester dimana soal-soalnya dikeluarkan secara random dari topik-topik tertentu.

Dalam Moodle, pembuatan suatu Quiz meliputi tiga tahap yakni dimulai dengan membuat wadah Quiz atau tempat modul aktivitas berupa Quiz akan ditampilkan, kemudian dilanjutkan dengan membuat soal-soalnya yang akan tersimpan dalam bank soal, dan diakhiri dengan memasukkan soal dari bank soal ke wadah Quiz. Dalam pembuatan wadah Quiz, pengajar menentukan Quiz akan diletakkan di minggu ke berapa, nama Quiz, deskripsi serta pengaturan lain seperti waktu, durasi, boleh tidaknya mengulang, password, dll. Dalam pembuatan soal-soal, pengajar dapat membuat kategori bank soal, membuat soal-soal dari berbagai jenis baik secara manual satu per satu atau dengan cara import file. Selanjutnya, pengajar perlu memasukkan soal-soal yang akan disajikan ke peserta didik dari kumpulan soal di bank soal ke dalam wadah Quiz.
1.   Jangan lupa untuk menekan tombol “Turn editing on”. Pertama adalah membuat wadah Quiz. Pada minggu tertentu dimana kita akan meletakkan quiz, maka klik-lah menu "Add an activity..." dan pilihlah Quiz.


2. Setelah itu akan muncul halaman untuk setting Quiz sebagai berikut. Dari halaman ini, hanya judul quiz yang harus diisi, sedangkan isian lainnya secara default sudah terisi sehingga untuk sementara dibiarkan saja apa adanya. Penjelasan atau introduction merupakan informasi awal yang akan dibaca oleh peserta didik sebelum mengerjakan soal-soal.



Selain judul quiz dan penjelasannya, ada beberapa isian yang bisa diubah isinya, yakni antara lain:
· Open the quiz*: Tanggal dan jam dimana quiz mulai tersedia.
· Close the quiz*: Tanggal dan jam dimana quiz sudah ditutup (selesai).
· Time limit*: Lamanya waktu penyelesaian quiz.
· Time delay between first and second attempt: Jarak waktu yang diperbolehkan mengulagi Quiz untuk yang kedua kalinya.
· Time delay between later attempts: Jarak waktu yang diperbolehkan mengulagi Quiz selanjutnya.
· Question per page*: Jumlah soal/pertanyaan pada setiap halaman.
· Shuffle questions*: Pertanyaan dapat disajikan secara acak setiap kali quiz diakses.
· Shuffle answers*: Jawaban (untuk soal pilihan berganda dan menjodohkan) dapat diacak setiap kali suatu soal diakses.
· Attempts allowed*: Jumlah maksimum pengguna boleh mencoba mengulangi quiz.
· Each attempt builds on the last: Pilihan Yes berarti setiap menjawab soal ulangan akan dipengaruhi hasil jawaban sebelumnya.
· Adaptive mode: Untuk pilihan Yes, bila jawaban salah, siswa diperbolehkan menjawab suatu soal berkali-kali hingga betul, akan tetapi akan ada penalti setiap kali jawaban salah.
· Grading method: Untuk soal yang boleh diulang, cara menentukan nilai akhir dapat dipilih misalnya: nilai tertinggi, rerata, pertama, atau terakhir.
· Apply penalties: Pilihan ini berkaitan dengan Adaptive mode yang dipilih Yes.
· Decimal digits in grade: Banyaknya angka dibelakang koma dari suatu nilai.
· Student may review: Pilihan ini akan mengatur kapan siswa dapat mengetahui respon, skor, umpan balik, jawaban yang benar, dll.
· Show quiz in a "secure" window: Soal akan ditampilkan dalam windows khusus guna mengurai kemungkinan siswa berbuat curang.
· Require password: Password dapat diberikan pada Quiz.
· Require network address: IP address yang boleh mengakses Quiz bisa dimasukkan.

Catatan:
*) Pengaturan yang paling sering digunakan ketika pembuatan Quiz. Sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan.

3. Setelah selesai melakukan pengisian dan menekan tombol "Save and Display", maka akan muncul halaman editing Quiz sebagai berikut.


Dari halaman editing Quiz tersebut terlihat bahwa belum ada soal- soal yang dimasukkan dalam Quiz (karena memang belum dibuat).

4. Selanjutnya ialah melakukan pembuatan soal-soal baru dengan cara menekan “Edit quiz” kemudian tekan "Add a question", jika tidak ada maka pilih “Add > a new question”.



5. Pilihlah jenis soal yang diinginkan, misalkan pada contoh kali ini kita pilih jenis soal pilihan ganda, maka selanjutnya kita pilih “multiple choice”.



6. Kemudian Isikan question name question text dan lain-lain yang bertanda merah.



7. Isikan beberapa pilihan jawaban, kemudian untuk jawaban yang dipilih sebagai jawaban yang benar berilah nilai 100 % pada kolom “Nilai”.



8. Selanjutnya adalah klik simpan perubahan untuk menyimpan soal yang dibuat ke dalam database.



9. Pada langkah ini kita baru membuat satu soal. Untuk menambahkan soal kembali pilih “add a question”, kemudian ulangi langkah di atas sebanyak jumlah soal yang ingin dibuat. Jika sudah selesai, klik simpan dan silahakan masuk ke halaman course untuk mencoba quiz.


Langkah pembuatan soal pada aktivitas Quiz seperti di atas bagi beberapa orang dirasakan cukup lama sehingga kurang efisien secara waktu. Terdapat cara yang lain untuk membuat soal secara lebih cepat dengan cara import soal secara masal ke bank soal di Moodle. Langkah – langkahnya ialah sebagai berikut.
1. Pada kolom “Administration” di halaman course, pilihlah “Question Bank > Categories”.








2. Lengkapilah beberapa kolom pada bagian “Add Category”, seperti “parent category” dan “name”. Perhatikan! Pembuatan kategori ialah upaya untuk mengelompokkan soal – soal tersebut secara rapi sehingga soal – soal yang dibuat tidak tercampur dengan soal – soal yang lain.



3. Pada “parent category” pilihlah “Top” yang ada pada bagian course yang sedang Anda buatkan soalnya. Kemudian isi nama kategorinya. Jika sudah selesai, tekan tombol “Add category”



4. Kategori yang telah dibuat akan muncul. Jika ingin mengubah kategori tersebut, maka tekan tombol “edit this category” dengan simbol gerigi, atau jika ingin menghapus tekan tombol silang (x).



5. Setelah membuat kategori, maka langkah selanjutnya ialah memasukkan soal secara masal ke bank soal. Pada kolom “Administration” di halaman course, pilihlah “Question Bank > Import”.



6. Sebelum ke langkah selanjutnya, bukalah Notepad pada komputer kemudian buatlah soal dengan format berikut ini, kemudian simpan dengan format *.txt jika sudah selesai.


Format Soal Pilihan Ganda (tanda “=” merupakan penanda jawaban yang benar)

...... Pertanyaan ......
{
=Pilihan Jawaban 1
~ Pilihan Jawaban 2
~ Pilihan Jawaban 3
~ Pilihan Jawaban 4
~ Pilihan Jawaban 5
}

Contoh

Kerak sangat keras karena merupakan lapisan . . . .
{
=batuan
~mineral
~magma
~tanah
~lava
}


Format Soal Benar & Salah (“T” menunjukkan pernyataan benar, sedangkan “F” menunjukkan pernyataan salah)


...... Pernyataan ...... {T}
...... Pernyataan ...... {T}


Contoh


Dinosaurus mulai muncul pada Zaman Trias. {T}
Pada Zaman Kapur, dinosaurus sangat mendominasi daratan. Namun pada zaman tersebut pula, dinosaurus punah. {T}

7. Pilih file format “Missing word format”. Pada bagian General, pilih kategori yang akan digunakan untuk mengelompokkan soal tersebut, kemudian upload file soal yang telah dibuat sebelumnya.







8. Setelah itu tekan tombol “Import”. Jika berhasil maka akan muncul seperti berikut ini. 



9. Kemudian tekan tombol continue untuk melanjutkan dan menyimpan soal tersebut ke bank soal di Moodle.

Selanjutnya ialah memasukkan soal-soal tersebut ke Quiz yang sudah dibuat. Langkah – langkahnya ialah sebagai berikut.

1. Buka atau tekan Quiz yang sudah dibuat di halaman course, kemudian pilih “Edit quiz”. Maka akan tampil seperti berikut.





2. Pada "Question Bank Content" pilihlah kategori berisi soal yang telah dimasukkan sebelumnya. Jika tampilan Question Bank Content tidak ada pada Moodle Anda, silahkan tekan “Add”, kemudian pilihlah “+ from question bank” (Hal ini terjadi akibat adanya perbedaan versi Moodle yang digunakan).



3. Centang pertanyaan yang ingin dimasukkan, kemudian tekan tombol “Add selected questions to the quiz”.

Demikian penjelasan mengenai pembuatan Quiz dalam e-learning menggunakan Moodle. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Bagian ini merupakan akhir dari keterampilan dasar dalam pembuatan dan pengelolaan e-learning. Pada bagian selanjutnya akan dibahas mengenai keterampilan lebih lanjut mengenai e-learning. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca, kita bertemu di artikel – artikel kami selanjutnya.

Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

14 komentar:

  1. Terima kaaih telah berbagi

    BalasHapus
  2. Bagaimana caranya jawaban yang benar tidak muncul pada review kuis terakhir?

    BalasHapus
  3. Buka "Edit Setting" pada quiz yang dimaksud, lalu pada "Review options" hilangkan centang pada "Right Answer". Semoga membantu. :)

    BalasHapus
  4. Mas, gimana cara membuat soal pake notepad untuk nomor berikutnya? soalnya saya kalo dilanjutin ke bawah itu tetep jadinya 1 nomor aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua tips yang bisa saya bagikan,
      1. penulisan soal antara soal 1, soal 2, dan seterusnya jangan ada jeda satu "enter", artinya soal 2 tepat di bawahnya soal 1.
      2. akhiri kalimat pertanyaan menggunakan titik atau tanda tanya. penggunaan titik jangan terlalu banyak. saya merekomendasikan menggunakan tanda tanya.

      Jika tips tersebut tidak dapat bekerja dengan baik, kemungkinan ada perubahan format upload soal dari moodle versi yang anda gunakan. Saya sarankan untuk mencoba menggunakan yang ini : Klik Di sini.

      Hapus
  5. Terima kasih tutorialnya pak. Sudah berhasil saya coba di elearning kami. Pembuatan soal di note, kalau kami perlu ada jeda satu enter agar soal satu dan soal berikutnya terpisah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sama-sama. Alhamdulillah.. senang bisa membantu dan berhasil.
      Emm dikasih jeda gt ya. Oke bisa jadi referensi untuk yang lain juga. Keren !!

      Hapus
  6. Selamat siang, saya ingin bertanya jika ingin import soal yang mengandung rumus matematika (equation) dan tabel bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang. Untuk equation atau rumus memang saat ini belum bisa dilakukan import. Pada aplikasi apapun biasanya rumus memang belum bisa dimasukkan ke sistem melalui metode import soal. Biasanya untuk mengakalinya, beberapa pengguna membuat rumus tsb menjadi gambar kemudian diupload, hanya saja memasukkan gambarnya juga perlu dimasukkan satu-satu. Pilihan lain bisa menggunakan plugin yang bisa import soal berupa rumus.

      Hapus
  7. Terima kasih penjelasannya, sangat bermanfaat.
    Sy ada 1 pertanyaan mas: jika di bank soal, category tertentu kita punya 16 soal, tetapi dalam suatu quiz kita hanya ingin memberikan 5 soal sj, acak, gimana caranya ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sistem acak, pengaturannya ada di quiz setting spt biasanya. Untuk memilih soal tertentu di bank soal, cukup centang soal di bank soal yang ingin ditampilkan di quiz.

      Hapus
  8. Selamat sore, saya mau bertanya,bagaimana cara menyimpan soal di question bank agar dapat di akses oleh course yang berbeda?

    BalasHapus

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.