1 Desember 2017

Review Mobile Learning: GituYa! Fenomena Alam Dunia


Gambar. Kontributor Konten M-Edukasi 2017

Hai rekan-rekan semua, kami kembali lagi dengan bahasan yang cukup segar untuk dunia pendidikan. Pada beberapa waktu yang lalu kami mengikuti lomba pengembangan multimedia pembelajaran berbasis android atau aktifitas pembelajarannya dikenal juga dengan mobile learning (m-learning). Lomba yang kami ikuti adalah Lomba Mobile Ki Hajar 2017 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Lomba tahunan yang sebelumnya dikenal dengan nama Lomba Mobile Edukasi tersebut dilombakan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kategori Siswa, Kategori Guru, dan Kategori Umum, yang diikuti ratusan karya di tiap kategori dari seluruh Indonesia. Kami mengikuti lomba tersebut dalam Kategori Umum sebagaimana dengan persyaratan yang telah ditentukan. Pengumpulan karya dimulai bulan April 2017 dan berakhir pada 1 September 2017.
Kami mengembangkan aplikasi GituYa! Fenomena Alam Dunia selama 3 bulan dimulai pada bulan April 2017. Pada bulan Juni 2017, kami berhasil menyelesaikan aplikasi GituYa! Fenomena Alam Dunia, akan tetapi setelah dilakukan uji tahap awal atau biasa disebut uji alfa ditemui sejumlah kesalahan (bug) pada aplikasi. Perbaikan terus dilakukan sembari melakukan evaluasi secara terus menerus untuk mengurangi kesalahan (bug) pada aplikasi sebelum dilakukan uji beta. Pada bulan Juli 2017, aplikasi selesai diperbaiki dan selanjutnya dilakukan uji beta ke beberapa ponsel pintar (smartphone) milik pengguna. Uji beta dirasa belum optimal karena belum menyentuh ke pengguna akhir dari aplikasi tersebut. Pada bulan yang sama, kami mendaftar dan mengumpulkan karya ke penyelenggara Lomba Mobile Ki Hajar 2017. Pengumpulan karya juga harus dilengkapi video preview dari aplikasi tersebut.
Pada bulan Oktober 2017, proses seleksi selesai dan aplikasi yang kami kembangkan berhasil masuk 30 Besar Karya Terbaik Lomba Mobile Ki Hajar 2017 pada Kategori Umum. Namun, sayang sekali pada lomba tahun ini kami belum berhasil masuk Grand Final Lomba Mobile Ki Hajar 2017 yang diikuti 15 Besar Karya Terbaik dari tiap Kategori. Baiklah rekan-rekan, meskipun kami belum berhasil masuk Grand Final karena kami berada di urutan 25 berdasarkan hasil seleksi, namun kami cukup berbangga hati karena kami dapat menjadi kontributor konten di website M-Edukasi yang dikelola BPMPK Kemendikbud. Kami akan memberikan sedikit ulasan atau review tentang aplikasi sederhana yang kami kembangkan. Inilah dia aplikasi GituYa! Fenomena Alam Dunia !!!
Aplikasi ini memiliki model Tutorial dan Permainan (Game) dalam format penyajiannya. Penyajian materi tentang fenomena alam di Dunia menggunakan model tutorial. Penyajian materi tentu didasarkan pada berbagai aspek multimedia dan pembelajaran sehingga diharapkan aplikasi tersebut layak digunakan untuk pembelajaran. Permainan pada aplikasi tersebut berbentuk kuis yang dirancang seolah-olah pemain memiliki peran tertentu, sehingga pada awal permainan pengguna akan disajikan sebuah cerita terlebih dahulu. Permainan pada aplikasi tersebut memiliki dua mode, yaitu mode 1 Pemain (1 Player) dan 2 Pemain (2 Player), sehingga permainan menjadi lebih seru terlebih jika dimainkan bersama-sama.
Sajian materi dirancang secara khusus untuk memudahkan pengguna dalam belajar dengan memperhatikan aspek multimedia dan pembelajaran. Pada setiap sajian materi akan diawali sebuah tayangan video yang dapat berperan sebagai penarik perhatian dan juga untuk proses penyamaan persepsi pengguna tentang materi tersebut. Kemudian baru setelah itu, pengguna akan disajikan isi materi yang dilengkapi gambar dan animasi untuk mempermudah pengguna dalam memahami setiap materi. Bagi yang penasaran materi apa saja yang disajikan dalam aplikasi tersebut, ayo buka tautan di bawah dan download aplikasinya!!
Permainan pada aplikasi tersebut juga turut dirancang agar menarik bagi pengguna. Permainan tersebut dilengkapi dengan animasi yang menyimulasikan dalam sebuah kondisi tertentu sesuai dengan cerita yang terdapat di awal permainan. Permainan berbentuk kuis, sehingga cara memainkannya cukup mudah. Pengguna cukup menjawab pertanyaan dari pilihan jawaban yang tersedia. Soal dan jawaban telah diatur agar keluar secara acak di setiap permainan. Permainan ini selain menarik untuk dimainkan sendiri dengan mode 1 Pemain (1 Player), juga akan lebih seru lagi jika kamu mengajak dan menantang teman atau siapa saja untuk beradu pengetahuan dengan kamu melalui mode 2 Pemain (2 Player). Pahami ceritanya dan cetak skor tertinggi, maka kamulah yang jadi pemenangnya!!
Proses navigasi dalam aplikasi tersebut dirancang sangat mudah dikarenakan dalam aplikasi GituYa! Fenomena Alam Dunia hanya terdapat satu tombol menu untuk dapat membuka ke beberapa fitur dalam aplikasi tersebut. Khususnya untuk bernavigasi antar materi, pengguna dapat menggunakan tombol bertipe next dan previous pada setiap halaman materi. Ketika ingin membuka permainan, pengguna dapat langsung menekan tombol menu dan memilih tombol Game kapanpun yang diinginkan. Untuk mengunduh aplikasi GituYa! Fenomena Alam Dunia, silahkan buka website M-Edukasi yang tautannya kami sertakan di bawah ini! Kamu juga bisa download aplikasi edukasi untuk mendukung mobile learning lainnya di sana. Jangan lupa untuk mengunduh dan membagikannya ke teman, saudara, dan ke siapapun yang kamu inginkan!! Sampai bertemu di bahasan berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca.

Tautan Unduhan Aplikasi
Nama
:
GituYa! Fenomena Alam Dunia
Tautan/link
:

Preview Aplikasi










Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

8 komentar:

  1. Makasih kak. Aplikasinya sgt membantu. Aku dah download. :)
    #Santi R.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya ya Santi. Semoga terus bermanfaat ya.

      Hapus
  2. Izin share ke teman2 y kak! Bagusssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat dianjurkan untuk dibagikan ke teman-teman yang lain ya. :)

      Hapus
  3. Gamenya dibikin lebih bagus lagi aja biar lebih menarik. Atau mungkin next project buat yg model game aja. Tapi yg bagus dan menarik. Overall bagus, terus berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ucapkan terima kasih atas masukannya. Idenya sangat bisa dipertimbangkan.

      Hapus
  4. Izin review media pembelajarannya buat tugas kampus bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kawan, semoga bermanfaat untuk kuliahnya ya.

      Hapus

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.