18 Oktober 2019

E-Learning (Bagian 9): Import Soal di Moodle Menggunakan Aiken Format



Pembahasan tentang E-Learning pada bagian ini adalah fokus kepada pembuatan Quiz di Moodle. Quiz pada Moodle umumnya dipakai untuk melaksanakan ujian atau evaluasi bagi peserta didik. Pada Moodle dengan versi terbaru yakni versi 3 (ke atas) tampilan fitur Quiz menjadi lebih menarik karena menyerupai tampilan ujian atau tes berbasis komputer/CBT pada umumnya. Pada versi terbaru tersebut, soal tidak lagi harus kita buka secara berurutan, namun dapat kita atur agar pengguna dapat memilih soal nomor berapa yang akan dikerjakan. Pengguna dapat bebas memilih soal nomor berapakah yang akan dikerkan dahulu. Meskipun demikian, jika Anda menyukai tampilan Quiz yang mewajibkan pengguna membuka soal secara berurutan, Anda tetap bisa memilih pengaturannya sebagaimana yang diinginkan tersebut.
Pembuatan Quiz di Moodle terbaru ini tidak jauh berbeda dari Moodle versi lama, hanya saja kemungkinan terdapat perbedaan tata letak dan ada sedikit hal yang diperbarui. Hanya saja secara garis besar tidak jauh berbeda. Termasuk cara untuk melakukan penambahan soal, Anda masih bisa melakukannya satu persatu ke Bank Soal di Moodle. Input soal secara satu persatu tentu secara teknis lebih mudah namun tidak memiliki efisiensi waktu, karena tentu akan lama sekali terlebih soal yang akan Anda masukkan cukup banyak. Solusinya ialah memasukkannya secara masal, dan cara inilah yang sangat digemari para pengguna Moodle. Hal tersebut tentu dilakukan agar lebih praktis dan menghemat waktu.
Memasukkan soal secara masal atau selanjutnya kita sebut sebagai import soal, memiliki beberapa kendala. Sebab secara khusus Moodle kurang memberikan petunjuk mengenai bagaimana mengimport soal ke dalam sistem Moodle. Moodle sendiri memiliki beberapa format dalam mengimport soal. Salah satunya menggunakan format “Missing Word Format” dengan bantuan Notepad (*.txt) untuk menulisnya, sebagaimana yang telah kami tulis sebelumnya (Baca juga: E-Learning (Bagian 8): Membuat Quiz dan Import Soal Secara Cepat di Moodle). Anda bisa gunakan format tersebut untuk melakukan import soal. Namun, ada beberapa kendala yang ditemui, yang kami sendiri juga tidak bisa menjelaskannya secara rinci.
Sebagai alternatif dari format import soal menggunakan “Missing Word Format”, maka kami akan membagikan format import soal di Moodle menggunakan “Aiken Format”. Penulisan “Aiken Format” masih menggunakan Notepad (*.txt) sehingga lebih sederhana/simpel serta tidak memerlukan software atau aplikasi lain. Bagi Anda yang belum memahami cara import soal secara runtut mulai dari awal, disarankan untuk membaca artikel sebelumnya agar tidak mengalami kebingungan (Baca juga: E-Learning (Bagian 8): Membuat Quiz dan Import Soal Secara Cepat di Moodle). Sebab pada artikel ini kami fokus kepada cara membuat format import soal menggunakan “Aiken Format”. Baik kita lanjutkan, silahkan perhatikan tampilan halaman import soal berikut!!

Gambar. Halaman Import Soal di Moodle

Pada halaman import soal di Moodle, pastikan Anda memilih “Aiken Format” pada bagian file format. Kemudian pada bagian Import Question From File, silahkan Anda masukkan file soal yang sudah ditulis menggunakan format “Aiken Format”. Lalu, bagaimanakan cara penulisannya? Sebelumnya silahkan buka Notepad (*.txt) melalui komputer, kemudian simak format penulisan “Aiken Format” pada soal bertipe Pilihan Ganda atau Multiple Choise berikut ini.
1.       Penulisan Soal (Bagian Pertama)
Setiap soal harus ditulis dalam satu paragraf yang sama. Anda diperkenankan menggunakan Spasi dalam soal tersebut, tetapi tidak diperkenankan menggunakan Enter. Jika dalam soal tersebut terdapat bagian yang ditulis pada baris baru yang tentu artinya Anda menekan Enter, maka besar kemungkinan soal tersebut tidak terbaca secara sempurna. Sepanjang apapun soal tersebut, tetap tulislah dalam paragraf yang sama.
Catatan:
Sangat disarankan bagi Anda untuk mengakhiri sebuah soal, cukup dengan sebuah tanda tanya (?).

2.       Penulisan Jawaban (Bagian Kedua)
Pilihan jawaban pada soal bertipe pilihan ganda, ditulis tepat dibawah soal yang buat. Penulisan jawaban ini silahkan Anda buat dibaris yang baru dengan cara menekan Enter dari baris/paragraf soal. Sekali lagi harus tepat dibawah baris/paragraf soal, tidak boleh ada jeda baris. Format penulisan jawaban ialah sebagai berikut:
(Abjad Pilihan Jawaban — Huruf Kapital)(Tanda Titik)(Spasi)(Pilihan Jawaban Pertama) --- tekan Enter untuk masuk baris berikutnya dan tulis pilihan jawaban kedua
(Abjad Pilihan Jawaban — Huruf Kapital)(Tanda Titik)(Spasi)(Pilihan Jawaban Kedua) --- tekan Enter untuk masuk baris berikutnya dan tulis pilihan jawaban ketiga, dst.
Sehingga kurang lebih format penulisan pilihan jawabannya ialah sebagai berikut:
A. Pilihan Jawaban 1
B. Pilihan Jawaban 2
C. Pilihan Jawaban 3
D. Pilihan Jawaban 4
E. Pilihan Jawaban 5
Catatan:
Jika diantara teks dalam pilihan jawaban terdapat tanda minus (-) atau plus (+), diusahakan jangan diberikan spasi, sebab terkadang pilihan jawaban menjadi tidak terbaca dengan baik. Contohnya ialah A. Kedalaman laut 10-150 meter, dst.

3.         Penulisan Kunci Jawaban (Bagian Ketiga)
Kunci jawaban soal bertipe pilihan ganda ditulis tepat dibawah baris pilihan jawaban terakhir. Format penulisannya ialah sebagai berikut:
(ANSWER)(Titik Dua)(Spasi)(Abjad Pilihan Jawaban yang Benar)
Sehingga kurang lebih format penulisan kunci jawabannya ialah sebagai berikut:
ANSWER: A jika jawaban yang benar adalah pilihan yang A.

Untuk lebih mudahnya akan kami sertakan contoh format penulisan soal menggunakan “Aiken Format” di Moodle, berikut ini:
Gambut sebagai sisa bahan organik yang terakumulasi dalam jangka waktu yang panjang. Pernyatan ini merupakan pengertian gambut menurut ?
A. Radjaguguk
B. Kementrian kehutanan
C. Bambang setyadi
D. Badan penelitian dan pengembangan pertanian
ANSWER: B 
Perhatikan pernyataan berikut ini: 1. Kadar asam tinggi, 2. Daya serap air tinggi, 3. Kaya akan humus, 4. Terbentuk dari sisa sisa tumbuhan yang setengah membusuk. Berdasarkan pernyataan diatas, manakah yang merupakan ciri/karakter tanah gambut?
A. 1, 2 dan 3                            
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 1, 3 dan 4
ANSWER: B
Penulisan soal kedua dan seterusnya, dapat Anda lakukan di bawah baris pilihan jawaban soal sebelumnya. Pada jeda antar soal tersebut, anda boleh memberikan jeda satu baris agar tidak bingung dalam melakukan penulisan soal. Setelah semua soal Anda tulis dengan benar sesuai format penulisannya. Silahkan Anda simpan dalam format teks (*.txt). Lalu anda import ke dalam Moodle. Sekali lagi jika Anda belum memahami bagaimana mengimport soal di Moodle, baca artikel kami sebelumnya (Baca juga: E-Learning (Bagian 8): Membuat Quiz dan Import Soal Secara Cepat di Moodle).
Demikian artikel kami tentang import soal ke Moodle menggunakan “Aiken Format”, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah berkunjung, nantikan artikel kami berikutnya.

Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

3 komentar:

  1. Kalau format yang lain itu bagaimana penulisannya? Minta penjelasannya dong.

    BalasHapus
  2. maaf Min, tampilan yang ini menggunakan TEMA / theme apa ya di moodle? nuhun

    BalasHapus
  3. @MJ : Bantu jawab, min. Nama temanya "campus". Nih linknya https://moodle.org/plugins/theme_campus

    BalasHapus

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.