15 Februari 2020

Ketika Penyelenggaraan CBT diformat Seperti CAT CPNS : Caranya??

Gambar. CBT ala CAT CPNS

Halo selamat pagi rekan-rekan semua. Pada tulisan kali ini kami hanya ingin memperbincangkan sesuatu yang ringan-ringan saja sebagai tambahan informasi untuk rekan-rekan semua. Rekan-rekan semua pasti mengetahui CAT CPNS yang diselenggarakan oleh BKN, atau bahkan diantara rekan-rekan semua ada yang pernah mengikuti tes tersebut? Bagi yang pernah mengikuti tes CPNS pasti tidak asing dengan tampilan seperti yang ada di foto berikut ini.

Gambar. Skor CPNS

Iyapp.. itu adalah salah satu monitor yang biasa dipajang di tempat tes CPNS. Monitor tersebut berfungsi untuk menampilkan skor peserta tes mulai dari mengawali tes hingga selesai. Hal tersebut berarti skor tersebut disajikan secara live atau langsung, sehingga ketika peserta mengerjakan tes, hasil atau skor mereka sudah muncul di monitor. Hanya saja para peserta tidak bisa melihat monitor tersebut karena biasanya diletakkan di luar ruangan tes. Monitor tersebut diperuntukkan bagi publik sebagai wujud transparansi pelaksanaan tes. Tentu peserta juga bisa melihat skor mereka di monitor setelah selesai mengerjakan tes.

Lalu bagaimana dengan CBT? Apakah bisa diformat seperti penyelenggaraan CAT CPNS? Jawabannya sangat bisa sekali. Sebab, antara CBT dan CAT secara sistem hampir mirip hanya saja yang berbeda adalah kecanggihan sistemnya saja. Dalam hal ini, kami berpendapat bahwa sistem CAT lebih canggih sebab digunakan untuk menyeleksi peserta  yang datang dari berbagai bidang atau disiplin ilmu, sehingga seharusnya CAT secara sistem harus lebih canggih. Sedangkan CBT biasanya hanya digunakan tes atau ujian umum sehingga tidak perlu sistem yang sangat canggih. 

Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, sistem CBT harus memiliki fitur penampil hasil ujian/tes yang bersifat langsung, bukan tampil ketika tes sudah diselesaikan saja. Kedua, ada sarana fisik dalam laboratorium yang bisa menghantarkan data dari komputer server ke monitor yang berada di luar. Sarana yang dapat digunakan ialah kabel LAN yang terhubung ke komputer server atau yang kedua dapat menggunakan Wi-Fi yang terhubung dengan komputer server. Jika kedua hal tersebut terpenuhi maka, sistem CBT yang Anda miliki bisa diformat seperti CAT untuk hal transparansi skor atau nilai. Kurang lebih akan seperti demikian pelaksanaannya.

 
Gambar. Tampilan Skor CBT di Luar Ruang Ujian

Oke rekan-rekan, barangkali hanya itu saja yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini. Walau cukup singkat dan tidak begitu mendetail pada bagian teknis, semoga rekan-rekan semua dapat memahami dengan baik. Semoga bermanfaat dan perlu diingat bahwa segala pertanyaan boleh ditorehkan di kolom komentar lho. Terima kasih.

Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

3 komentar:

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.