3 Juni 2020

Blogger Website Instant (Bagian 2) : Cara Mengubah Blog Menjadi Website Profesional

Gambar. Blogger Website Instant
(Sumber: freepik.com)

Pembangunan website saat ini tidak lagi suatu hal yang sulit untuk dilakukan, hampir semua orang mampu membuat sebuah website. Hal tersebut terjadi akibat banyaknya platform yang menyediakan pembuatan website secara mudah bahkan gratis. Salah satunya ialah Blogger, platform yang menyediakan CMS website tersebut memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur dan dukungan ekosistem Google yang begitu besar. Hal tersebut membuat Blogger pantas disebut sebagai platform pembuatan website terbaik. 

Walaupun, sebenarnya Blogger adalah platform untuk sebuah Blog. Akan tetapi kita dapat dengan mudah mengubah sebuah Blog tersebut layaknya sebuah website profesional. Kami dapat mengatakan hal tersebut sangat mungkin, akan tetapi dengan keterbatasan-keterbatasan tertentu. Hal tersebut mengandung maksud bahwa ada beberapa fitur yang tidak akan tersedia sebagaimana website profesional yang native (asli). Blog sebenarnya merupakan salah satu jenis dari website yang memiliki format catatan seperti halnya buku diary. Blog sendiri merupakan singkatan dari Website Log, yang artinya situs yang berisi tentang catatan-catatan dari si penulis atau pemilik. 

Meskipun demikian, blog saat ini tak hanya berisikan catatan-catatan harian selayaknya buku diary akan tetapi juga sebagai media penyampai informasi seperti berita, materi pembelajaran, tutorial bahkan sebagai marketplace untuk berjualan secara online. Kita hanya perlu sedikit sentuhan dan ketelatenan untuk dapat menjadikan blog yang kita buat di Blogger untuk menjadi website yang profesional. Kami beranggapan bahwa membuat website dari blog di Blogger dapat disebut juga sebuah kegiatan membangun sebuah website. Sebab, terkadang kita perlu mengubah banyak hal untuk mendapatkan tampilan blog/website seperti yang kita inginkan. 

Baiklah, lalu bagaimana cara agar blog yang kita buat di Blogger dapat berhasil menjelma menjadi website yang profesional. Kami sajikan secara ringkas apa saja yang perlu Anda perhatikan agar blog tampak seperti website profesional. Caranya ialah sebagai berikut :
  • Ubah tampilan (UI) yang terkini
Tampilan sebuah situs atau website sangat bisa memengaruhi penilaian pengunjung. Penilaian tersebut turut memengaruhi kepercayaan pengunjung terhadap konten yang disajikan dalam sebuah situs atau website tersebut. Jika ingin serius dalam membuat konten maka cobalah terlebih dahulu untuk mempercantik tampilan atau User Interface (UI) website terlebih dahulu, dengan demikian sebagai pemilik website akan terpacu untuk menyajikan konten-konten yang menarik pengunjung. Terdapat beberapa website atau blog yang secara tampilan sangat biasa atau bahkan terlalu jadul, tetapi ia tetap banyak dikunjungi. Kasus seperti itu memang ada sebab pemilik website atau blog adalah figur publik, tokoh, artis, atau seseorang yang terkenal. Selain itu, barangkali pengunjung lebih fokus ke kontennya yang menarik, sehingga pengunjung tidak akan peduli walau tampilan website berantakan.

Jika kita bukan siapa-siapa lalu berniat untuk membuat website atau blog, maka wujud usaha kita agar website tersebut disukai pengunjung tentu ialah memperbaiki tampilan (UI). Terlebih lagi jika kita membuat website menggunakan Blogger, maka UI yang diberikan tentu sebuah tampilan standar. Tampilan standar Blogger tersebut tentu jauh dari kata menarik. Langkah dalam mengubah tampilan website/blog di Blogger sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya (Baca : Blogger Website Instant : Cara Membuat Website Profesional Dengan Cepat Dan Mudah). Tampilan sebuah website/blog yang profesional wajib mengikuti tampilan atau user interface yang terbaru, terkini, atau dalam kata lain paling mutakhir. Oleh sebab itulah, tampilan sebuah blog perlu berganti dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perkembangan. Bagaimana mendapatkan referensi tampilan atau user interface yang terkini? kita dapat membuka situs atau website lain yang sudah besar atau website tertentu yang memuat tema/konten yang menyerupai dengan website yang kita miliki. 
  • Gunakan gambar yang berselera desain modern
Desain selalu mengalami perubahan baik dalam hal konsep maupun selera. Sebagai seseorang yang memiliki media online seperti website/blog, maka kita wajib halnya untuk terus mengupdate perkembangan desain. Referensi desain dapat ditemukan dimanapun, misalnya desain iklan produk, desain di website tertentu, dan sebagainya. Berikut contoh website yang menyediakan resource gambar atau vector yang dapat menjadi referensi :
Berikut contoh desain yang barangkali dapat dijadikan referensi untuk memperkuat kesan website profesional pada website/blog yang Anda miliki.
Gambar. Desain Modern
(Sumber : freepik.com)
  • Pilih warna tampilan yang sesuai
Warna memainkan peran penting dalam sebuah tampilan pada sebuah desain grafis. Pemilihan warna yang tepat membuat sebuah website menjadi lebih menarik. Pengunjung website juga akan lebih nyaman berlama-lama mengakses website/blog yang kita miliki. Kombinasi warna yang digunakan harus sesuai dengan circle of color pada color wheel berikut.
Gambar. Color Wheel

Terdapat berbagai jenis kombinasi warna yang dapat dipakai. Pada artikel ini, kami tidak menjelaskan secara rinci, Anda dapat mencari referensi lain. Namun, kami akan sampaikan kombinasi warna yang praktis. Rekomendasi dari kami ialah gunakan warna yang berdekatan untuk kombinasi warna yang aman. Sebenarnya Anda dapat menggunakan kombinasi warna yang berseberangan, akan tetapi jika tidak dapat membuat kombinasi yang tepat maka desain yang dirancang akan cenderung tak nyaman di mata. Penggunaan teori kombinasi warna tersebut selain diterapkan untuk warna tema website/blog, juga dapat diterapkan untuk pembuatan desain aset pendukung website/blog.
  • Layout yang rapi
Layout adalah tata letak komponen-komponen pada halaman website. Komponen-komponen pada halaman website/blog meliputi title, URL (alamat web), header, menu, konten/isi, sidebar, widget, dan footer. 

Titile atau judul dari website profesional wajib menggunakan tulisan yang rapi dan ringkas. Hal tersebut berarti penulisan judul website/blog tidak boleh menggunakan tulisan "alay" atau berlebihan, misalnya "3dupri5m4", "eDuPRisMa", dan seterusnya. Penggunaan kombinasi angka dan huruf besar-kecil untuk estetika atau tujuan tertentu diperbolehkan asal tidak berlebihan, agar website/blog yang dibuat terlihat sebagai website profesional. Penulisan judul yang juga harus dihindari sebenarnya ialah penulisan judul menggunakan huruf besar semua. Walaupun sebenarnya tidak ada masalah akan tetapi judul dengan huruf besar semua dapat mengurangi estetika penulisan judul itu sendiri.

Alamat URL penting untuk diperhatikan sebab yang menjadi identitas penting dari website/blog ialah URL atau alamat website/blog. Dikatakan sebagai identitas penting dikarenekan seorang pengunjung perlu menuliskan URL tersebut jika ingin mengakses website. URL website/blog yang relatif pendek akan mudah dikenali atau mudah diingat, sehingga pengunjung juga akan lebih mudah menulisnya di browser. Oleh sebab itulah sebuah blog harus mengubah URL standar yang terlalu panjang menjadi URL yang lebih pendek agar dapat terlihat sebagai website profesional. Perubahan tersebut dapat dilakukan dengan pembelian sebuah domain, yang langkah-langkah atau cara pembelian dan pengubahannya sudah kami sajikan di artikel sebelumnya (Baca : Blogger Website Instant : Cara Membuat Website Profesional Dengan Cepat Dan Mudah). 

Komponen yang perlu di tata rapi berikutnya ialah header, menu, konten/isi, sidebar, dan footer. Header ialah bagian paling atas dalam sebuah halaman website yang biasanya berisi logo dan nama website. Pada bagian header ini perlu dimasukkan sebuah logo yang simple dan elegan, sehingga bukan hanya nama website/blog yang diberikan secara sistem dari Blogger. Menu pada website yang profesional biasanya tertata dengan rapi. Menu-menu tersebut berisi tautan-tautan yang bersifat penting untuk dapat diakses secara cepat oleh pengguna atau pengunjung. Untuk membuat menu yang rapi, terlebih dahulu tentukan halaman atau bagian apa yang penting untuk diakses pengunjung secara cepat, lalu susunlah menu-menu tersebut diawali dari menu beranda (home) yang merujuk ke halaman depan website/blog. Pada bagian sidebar dan footer dapat diisi informasi penunjang dari website/blog, misalnya arsip, artikel terpopuler, banner iklan, deksripsi singkat tentang website, dan sebagainya. Kita dapat menyusunnya sesuai kebutuhan, asalkan rapi dan tidak berlebihan.
  • Pilih UI yang user-friendly dan responsive
User Interface (UI) memiliki peranan penting terhadap kenyamanan pengunjuk sewaktu berselancar di website atau blog. UI yang user-friendly bermakna bahwa UI dari website/blog kita haruslah mudah dipahami cara mengaksesnya. Hal tersebut berarti bahwa ketika pengunjung membuka website/blog yang kita miliki, mereka dengan cepat memahami bagaimana mengoperasikan atau mengkakses konten-konten yang mereka inginkan. Cara membuat agar website/blog mudah dioperasikan ialah dengan membuat tampilan yang umum sebagaimana website pada umumnya, sehingga pengunjung akan sangat familiar dan mudah memahami bagaimana cara akses konten-konten yang ada. Untuk perihal yang satu ini bagi pengguna Blogger tidak perlu dikhawatirkan sebab UI website/blog yang dibuat menggunakan Blogger sudah sangat user-friendly, kita tinggal memilih tampilan yang bersifat responsive.

Gambar. Tampilan responsive website pada komputer (kiri) dan smartphone (kanan).

Apa itu UI yang responsive? UI yang responsive atau responsif berarti bahwa tampilan website/blog dapat ditampilkan dengan baik sesuai ukuran layar device yang digunakan. Misalnya, ketika dibuka di layar monitor maka website/blog akan ditampilkan secara penuh atau utuh, kemudian ketika dibuka di device yang lebih kecil ukuran layarnya seperti smartphone maka website/blog akan disesuaikan sesuai dimensi atau rasionya secara otomatis. Cara mencari template yang bersifat responsive, cukup ketikkan di mesin pencari dengan kata kunci "Download Template Blogger Responsive". User interface pada website akan selalu mengalami perubahan selera dan trend. Saat ini tampilan atau user interface yang sedang banyak digunakan dan tren ialah tampilan responsive, kemungkinan di tahun-tahun mendatang akan ada perubahan selera dan trend dalam hal tampilan atau UI pada desain website. Bagi para pengguna Blogger tentu sangat mengingat pergeseran selera dan tren dalam hal tampilan atau UI pada website/blog. Sebagai contoh saja, sekitar tahun 2008, tampilan atau UI website/blog yang paling disukai atau trend adalah "template 2 column", kemudian pada tahun 2010 mulai banyak yang menggunakan "template 3 column", dan seterusnya hingga muncul tampilan atau UI yang bersifat responsive seperti sekarang. Desain website memang selalu berubah di setiap waktu, oleh sebab itulah penting bagi seorang pemilik website/blog untuk selalu mengikuti perubahan selera dan trend.
  • Isi dengan konten yang rapi dan menarik
Konten website/blog dapat diisi dengan apapun sesuai dengan tujuan pembuatannya. Konten yang ditulis secara rapi dan menarik, akan membuat pengunjung lebih nyaman. Rapi dan menarik yang dimaksud ialah dari segi tata tulis dan penyajian tulisan. Kemampuan tata tulis akan terus berkembang seiring dengan kegigihan kita untuk terus membaca dan menulis. Kita tidak perlu khawatir jika masih merasa tulisan yang disusun selalu kurang bagus. Hal tersebut tidak masalah, justru lebih baik seperti itu agar kita semakin baik dalam menyajikan tulisan yang bermakna atau bermanfaat.

Selain tata tulis yang baik, konten dalam website harus disajikan dengan baik. Misalnya, dalam sebuah tulisan terdapat penjelasan mengenai sesuatu hal, maka sebagai penulis kita dapat menambahkan gambar atau video untuk memvisualkan penjelasan tersebut. Gambar atau video berguna untuk mempermudah pengunjung atau pembaca memahami pesan yang ingin disampaikan. Sebagai penulis, jangan lupa menggunakan perataan teks kiri-kanan (justify).

🔹🔹🔹

Blogger merupakan CMS yang cukup fleksibel untuk didesain ulang, sehingga sangat memungkinkan bagi kita membuat website profesional menggunakan Blogger. Namun, beberapa hal yang harus dipelajari ialah mengenai modifikasi template pada Blogger dan penyusunan komponen yang ada di blog sehingga blog yang dibuat dapat menjelma sebagaimana website profesional. Sebenarnya ada beberapa hal lagi yang perlu dipersiapkan, yaitu SEO (Search Engine Optimization). SEO ialah sebuah tindakan untuk pengoptimalan pencarian website yang kita miliki di mesin telusur atau search engine. Artikel tentang SEO akan kita pelajari bersama di artikel selanjutnya ya. Artikel tentang cara mengubah blog menjadi website profesional kita cukupkan sampai di sini dulu. Tunggu artikel berikutnya dan terima kasih. 

Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

1 komentar:

Saya ucapkan terima kasih sudah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Kami selalu mengharapkan sebuah saran dan kritik yang membangun. Terima kasih.